Sabtu, 19 November 2011

KONSEP PSIKOLOGI SOSIAL


KONSEP PSIKOLOGI SOSIAL
A. Pengertian Psikologi Sosial.
Psikologi sosial merupakan perkembangan ilmu pengetahuan yang baru dan juga merupakan cabang dari ilmu pengetahuan psikologi pada umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial.
Maka dapat kita ambil kesimpulan bahwa psikologi sosial adalah suatu studi ilmiah tentang pengalaman dan tingkah laku individu-individu dalam hubungan dengan situasi sosial.

B. Hubungan Psikologi Sosial dengan Ilmu-ilmu Lainnya.
Menurut Psikolog Prancis “Serge Moscovici”, psikologi sosial merupakan jembatan atau penghubung diantara cabang-cabang ilmu pengetahuan sosial lainnya. Karena psikologi sosial mengakui pentingnya memandang individu dalam suatu sistem sosial yang lebih luas, baik itu dengan ilmu antropologi, sosiologi, dan sebagainya.
Peranan antropologi dan sosiologi dalam psikologi sosial antara lain adalah untuk mengurangi penyimpangan yang terdapat dalam hasil penelitian psikologi sosial sebagai akibat pengaruh budaya atau kondisi masyarakat disekitar yang sedang diteliti
Sasaran penelitian psikologi sosial adalah tingkah laku manusia sebagai individu. Inilah yang membedakan psikologi sosial dengan antropologi dan sosiologi. Antropologi san sosiologi mengutamakan cara pendekatan menjelaskan dan menguraikan gejala yang dipelajari, dan umumnya tidak melakukan generalisasi. Psikologi sosial menggunakan metode eksperimental, yaitu metode dimana suatu gejala diamati dalam kondisi yang dikontrol, lalu berdasarkan pengamatan-pengamatan dalam kondisi yang dikontrol tersebut dibuatlah rumus-rumus, hokum-hukum, dan teori-teori yang umum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar