Sabtu, 19 November 2011

HUBUNGAN PERSEPSI, SIKAP, DAN PRILAKU


A. Pengertian Persepsi Sosial.
Persepsi adalah suatu proses yang di dahului oleh pengindraan. Pengindraan adalah suatu proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat penerima yaitu alat indra, stimulus tersebut diteruskan oleh syaraf ke otak sebagai pusat susunan syaraf, dan proses selanjutnya merupakan persepsi. Oleh karena itu, proses persepsi tidak dapat terlepas dari proses pengindraan
Persepsi sosial merupakan suatu proses seseorang untuk mengetahui, menginterprestasikan dan mengevaluasi orang lain yang dipersepsi tentang sifat-sifatnya, kualitasnya dan keadaan yang lain yang ada dalam diri orang yang dipersepsi sehingga terbentuklah gambaran mengenai orang yang dipersepsi.

B. Pengertian Sikap.
Sikap adalah suatu keadaan mental dan saraf dari kesiapan yang diatur melalui pengalaman yang memberikan pengaruh terhadap respons individu pada semua objek dan situasi yang cendrung untuk merespons dengan cara khusus terhadap stimulus, baik itu dengan cara mendekat atau menjauh, positif atau negatif, terhadap berbagai stimulus yang ada dalam lingkungan sosial.

C. Pengertian Prasangka.
Prasangka adalah dugaan-dugaan yang memiliki nilai negatif yang diwarnai oleh perasaan sesaat, artinya kondisi emosional sesaat itu juga ikut berperan menimblkan prasangka. Prasangka  juga mengarah kepada evaluasi yang negatif.

D. Pengertian Prilaku.
Prilaku adalah suatu respon terhadap stimulus yang tampak pada diri individu tentang kemampuan untuk menentukan pilihan dalam melakukan sesuatu.



E. Kaitan Antara Persepsi, Sikap, Prasangka, dan Prilaku.
Persepsi, sikap, prasangka, dan prilaku saling berinteraksi dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain. Prasangka  adalah sikap yang terbentuk dan berawal dari persepsi. Jadi, prasangka sangat mempengaruhi persepsi seseorang terhadap suatu objek. Yang selanjutnya akan mempengaruhi seseorang dalam bersikap dan berprilaku terhadap sesuatu yang ada di lingkungannya.

















2 komentar: